MENGATASI RASA GROGI SAAT INTERVIEW

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Setelah mempersiapkan diri dengan cara belajar dari buku-buku/artikel-artikel /tips-tips menghadapi interview dan mempelajari prediksi-prediksi pertanyaan dari HRD maupun User,Kadang-kadang pada saat interview ilmu yang sudah dipelajari hancur berantakan karena perasaan grogi/ketidakyakinan saat menjawab.

Disini saya akan menulis teknik mengendalikan pikiran agar saat menghadapi interview kita bisa tenang,efek dari ketenangan tersebut bisa memberikan jawaban yang terbaik dan maksimal untuk mempromosikan diri kita agar bisa diterima sebagai karyawan di perusaahaan yang kita lamar.

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1.      Pikirkan dan ingatkan kembali saat kamu pernah percaya diri dan focus,Lihat apa yang kamu pernah lihat saat momen itu terjadi,dengar apa yang kamu pernah dengar saat saat momen itu terjadi.Rasakan betapa sangat percaya dirinya kamu dan betapa bagus kualitas dirimu.Rasakan perasaan itu ,dan putar perasaan itu dengan sangat kencang di tubuhmu,putar perasaan itu sekencangnya di tubuhmu.

 2.      Bayangkan dirimu saat pergi interview dengan perasaan percaya dirimu yang masih berputar kencang,kamu melangkah dan membuka pintu untuk bertemu dengan orang yang akan meng-interview diri mu dengan perasaan percaya diri mu yang masih berputar kencang.

 3.      Bayangkan dirimu saat menjawab pertanyaan,perasaan percaya diri mu masih berputar,dan kamu menjawab pertanyaan itu dengan sangat percaya diri dengan perasaan yang terus berputar.

 4.      Bayangkan kamu diberi pertanyaan yang tak terduga,tetapi perasaan perasaan itu tetap berputar sehingga kamu tetap menjawab pertanyaan itu dengan percaya diri dan jelas.

 5.      Jalankan proses ini secara berulang-ulang terus,saat tiba interview terlaksana maka kamu akan menjadi sangat percaya diri dan tenang menghadapi interview tersebut.

 

Langkah-langkah yang kutulis di atas adalah teknik NLP (Neuro Linguistic Programming) yang diciptakan Richard Bandler

       Salam Cinta,,

            Satyo

About satyotito

saya pernah kuliah di Universitas Diponegoro jurusan Teknik kimia angkatan 2004 ..... dengan adanya blog ini,saya ingin berbagi pandangan dan pengetahuan dari diri saya....siapa tau bermanfaat untuk teman-teman yang membaca
This entry was posted in Terapi psikologi. Bookmark the permalink.

2 Responses to MENGATASI RASA GROGI SAAT INTERVIEW

  1. Anonymous says:

    sipp smg bisa dipraktekkan..🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s