CARA BIJAK MENGHADAPI PIKIRAN NEGATIF/KHAWATIR

cara bijak hadapi emosi pikiran negatif

emosi dan pikiran negatif

Disini aku akan membahas cara sederhana menghadapi pikiran negatif/khawatir yang sering melewati pikiran kita..

Ku ingin kamu mengetahui dulu bahwa sebuah pikiran negatif semakin kamu melawannya maka semakin tertekan lah dirimu,dan malahan emosi/pikiran negatif bukannya menghilang malahan makin kembali lagi (efek pantulan)..artikel tentang efek bahaya memaksa menghilangkan pikiran negatif bisa kamu lihat di 2 artikel ini ——–> why thought supressionis counter productive  (artikel pskilogi (Psy Blog) berbahasa inggris) ,,dan kamu lihat artikel ini ——–>  8 ironic effect of surpression (artikel psikologi (Psy Blog) berbahasa inggris)

Contoh-contoh efek ironis melawan pikiran negatif :

– Semakin kamu berusaha melupakan mantan kekasih maka semakin kamu teringat terus…

– Semakin kamu berusaha mau tidur maka semakin susah kamu tidur

– Semakin kamu dilarang memikirkan A ,justru semakin kamu memikirkan A.

Contoh-contoh lain efek-efek ironis akibat melawan emosi/pikiran negatif kamu bisa lihat di artikel ini ——-> 8 ironic effect of surpression (artikel psikologi (Psy Blog) berbahasa inggris)

Setelah kamu mengetahui bahwa melawan emosi/pikiran negatif justru semakin membuatmu tertekan,maka yang jadi pertanyaan adalah bagaimana menghadapi pikiran/emosi negatif ??

Cara sederhana menghadapi pikiran/emosi negatif adalahjustru dengan cara mengucapkan berulang-ulang kali emosi/pikiran negatif secara berulang-ulang kali,mengucapkan berulang-ulang kali sebuah kata/kalimat diharapkan dapat mengurangi hingga menghilangkan kekuatan/power arti kalimat/kata yang kamu ucapkan berulang,,maka oleh karena itu jika kamu lagi galau/khawatir/stress tentang sesuatu maka ucapkanlah sesuatu berulang-ulang sesuatu itu..Referensi tentang pengucapan kalimat/kata untuk menghadapi emosi/pikiran negatif bisa kamu lihat di artikel ini ———> How to give the slip to negative persistence (artikel psikologi (psy blog) berbahasa inggris)

Setelah kamu mengetahui cara bijak menghadapi emosi/pikiran negatif dengan mengucapkan kata berulang-ulang emosi/pikiran negatif maka kamu sebaiknya menambahkan /memodifikasi dengan teknik disasosiasi..

teknik disasosiasi adalah teknik untuk menyadari bahwa dirimu/jiwamu adalah bagian yang terpisah dari emosi/pikiran..diharapkan kamu bisa mengontrol emosi/pikiran negatif,dan kamu adalah jiwa yang bebas dan kamu adalah majikan dari emosi/pikiran negatif..kamu harus menyadari bahwa emosi/pikiran negatif hanya datang saat tertentu saja bukan setiap saat/waktu..

teknik disasosiasi  nya adalah dengan mengucapkan berulang-ilang pikiran/emosi negatif seperti yang sudah dijelaskan diatas sambil ucapkan tambahan detail waktu,detail tempat,detail apa yang kamu rasakan oleh panca indra lalu baru ditambahkan afirmasi-afirmasi positif “Aku mencintai diriku”,”I Love myself”

Penjabaran teknik pengucapan berulang +  teknik disasosiasi contohnya sebagai berikut :

1.Aku iri   (ucapkan berulang-ulang)

2.Aku sedang memiliki perasaan iri kepada orang-orang yang memiliki pacar, di hari Sabtu pukul 19:00,di Jalan soedirman,cuaca mendung,kedinginan,lapar (ucapkan berulang-ulang)

3.Aku mencintai diriku,I LOVE my self ,walaupun aku sedang memiliki perasaan iri (ucapkan berulang-ulang)

Kamu bisa mengganti emosi/pikiran negatif yang lain,misalnya kamu lagi memiliki pikiran/emosi khawatir jadi jomblo seumur hidup,grogi hadapi sesuatu,dll…

Setelah melakukan teknik yang aku jabarkan maka kamu harus melanjutkan hidup alias bergerak lah sesuai kemampuan maximal mu untuk menemukan solusi permasalahan tersebut.

Ya secara garis besar dari artikel yang aku tulis di atas,maka untuk menghadapi perasaan/emosi pikiran negatif adalah dengan cara rileks dan merelakan pikiran/emosi negatif itu lepas dan bukan dengan cara melawannya

Ya setelah itu sebaiknya kamu melakukan zakat,karena zakat bisa menyembuhkan stress/depressi,,mengapa zakat bisa menyembuhkan stress/depressi ?? sebaiknya kamu membaca artikel ku yang lain berjudul (klik & wajib baca) ——> obat depresi itu

Sekian tulisan ini dibuat,semoga artikelku ini bisa menambah wawasan tentang pikiran/emosi negatif..

Sahabat yang mencintai kamu,

 

Satyo

About satyotito

saya pernah kuliah di Universitas Diponegoro jurusan Teknik kimia angkatan 2004 ..... dengan adanya blog ini,saya ingin berbagi pandangan dan pengetahuan dari diri saya....siapa tau bermanfaat untuk teman-teman yang membaca
This entry was posted in Terapi psikologi and tagged , , , . Bookmark the permalink.

9 Responses to CARA BIJAK MENGHADAPI PIKIRAN NEGATIF/KHAWATIR

  1. Nurlaila says:

    masyaAllah,,trimakasih y sarannya

    Like

  2. feti septiani says:

    Keren. Makasih bantu banget

    Like

  3. Anonymous says:

    its working ,,,,,😀 Thanks

    Like

  4. Anonymous says:

    Hope can make me calm O:)

    Like

  5. yasinta says:

    Saran nya bgs , thank’s ya

    Like

  6. Nur Clalu Cynk Dia says:

    Makasih ya saran nya akan saya coba

    Like

  7. KimjonginL says:

    Tulisan anda sangat membantu sya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s