MENOLAK PERINTAH DAN KRITIK SECARA ELEGAN

tolak perintah & kritikan

menolak perintah dan kritikan secara elegan

1. METODE PENOLAKAN PERINTAH SECARA ELEGAN

Secara pikiran bawah sadar,sebenarnya manusia sangat sulit menerima sebuah penolakan atas perintah yang diberikan,seperti penggunaan kata “tidak” pada manusia  sering menimbulkan konflik.Nah untuk mengatasi konflik-konflik yang terjadi atas penolakan kita terhadap perintah orang maka kita harus memanipulasi kata “tidak” dengan cara menghapus penggunaan kata “tidak” dan menggantikannya dengan kata “Tapi”..Secara bawah sadar, kata “tapi” dapat digunakan untuk menghapus pernyataan yang muncul di depannya.

Contohnya sebagai berikut :

– Saya  mau nikah denganmu,tapi aku menundanya dulu karena ingin fokus karir ku dulu ..

– Saya senang sekali menerima ajakan kencanmu nanti malam,tapi sayangnya saya harus membantu ibuku nanti malam juga..

– Saya juga suka sama kamu dan ingin jadi pacar kamu,tapi aku sudah bertunangan dan sebentar lagi akan menikah..

itulah segelintir contoh penggunaan kata “tapi” menggantikan kata “tidak”,kebetulan yang aku berikan adalah contoh penolakan dalam hal romansa..aku yakin kamu nanti bisa membuat contoh-contoh lain yang lebih elegan dan keren yang mana penggunaan metode penolakan secara halus ini bisa digunakan dalam aspek-aspek yang lain.Seperti yang bisa kamu lihat, kata “tapi” di contoh atas menghapus pernyataan yang ada di depannya sehingga kata atau pesan itu berganti makna. Hal ini sangat berguna saat kita
mengajukan penolakan kepada orang lain. Dengan metode ini, kita tidak secara terus-terang menolak orang tersebut. Sebaliknya, kita seolah menyetujui gagasan atau tawarannya, meski setelah itu kita memberi penyangkalan.Hasilnya, orang yang kita ajak bicara tidak merasakan penolakan dari pihak kita, melainkan pilihan yang masuk akal.

Formula untuk menolak secara elegan adalah :

(Yang ingin di dengar dari lawan bicara )  + Tapi  +    (Yang kamu ingin agar orang tersebut dengarkan)..

Aku yakin bila kamu terkena metode ini oleh orang lain,maka rasa sakit penolakan lebih rendah dibanding menggunakan kata “Tidak” secara langsung..

2.METODE MENOLAK KRITIKAN SECARA ELEGAN

Kadang ada beberapa orang yang  kurang suka dengan kita lalu orang tersebut mengkritik kita..metode menolak kritikan dari orang yang kurang suka (kritikan menjatuhkan mental)  secara elegan  adalah dengan menggunakan perbandingan massa yang diselipkan saat menjawab kritikan orang tersebut..

Contoh kasus :
– Ketika kamu baru dipromosikan untuk naik jabatan dan ada
seorang rekan kamu yang tidak suka lalu mengkritik kamu.
rekanmu berkata : “Kamu sebenarnya tidak pantas menerima kenaikan jabatan.”
kamu menjawab: “Wah, untung sekali
para atasan-atasan saya yang cerdas itu tidak berpikiran dangkal  seperti kamu, ya?”
atasan-atasan saya” adalah Perbandingan
Massa yang memposisikan kamu tersebut berdampingan
dengan sejumlah orang yang berpendapat lain rekanmu.

– Ketika temanmu mengkritik lamanya dirimu menjadi jomblo.

temanmu berkata : “kamu betah sekali jadi jomblo kamu seperti ga laku”

kamu berkata :  “yaah kamu tahu ada “puluhan pria tampan dan mapan”  yang saya tolak lamarannya/cintanya ,jadi kamu salah mengatakan ku tak laku

puluhan pria tampan dan mapan ” adalah Perbandingan
Massa yang memposisikan kamu tersebut berdampingan
dengan sejumlah orang yang berpendapat lain rekanmu.

Contoh-contoh metode yang menggunakan perbandingan massa sudah aku tulis di atas,ku berharap kamu menjadi lebih mahir menggunakan perbandingan massa untuk menolak kritik yang menjatuhkan mentalmu.Gunakan metode  ini untuk menangkal kritik negatif yangdilontarkan kepada kamu di dalam kehidupan sehari-hari.Dan, rasakan bagaimana hal ini akan menendang pengkritik kamu.
Untuk menggunakan teori ini, Kamu harus mengingat satu hal, yaitu bahwa kamu memang tidak patut mendapatkan kritikan itu! Kamu harus yakin bahwa Anda adalah orang yang  cukup berhasil di bidang yang orang itu kritik..seperti contoh-contoh yang telah kuberikan di atas,,memang karena kamu berkompeten jadi dipilih atasan-atasanmu,dan kamu memang benar-benar laku  karena kamu dilamar puluhan pria tampan dan mapan..

Tapi, bila kamu memang tidak kompeten di dalam hal itu, aku rasa kritikan pedas bagaimanapun memang pantas untuk kamu, bukan? Oleh karena itu, adalah perlu bagi kita untuk memahami kekuatan diri sendiri terlebih dahulu sebelum berkata-kata atau membela diri di hadapan orang

Oke,sekian tulisan ku tentang menolak perintah dan kritikan secara elegan ..Kamu juga perlu membaca artikel  ku yang terkait dengan tulisan ku kali ini,,yaitu artikel ku yang berjudul “hal yang perlu diperhatikan dalam kalimat perintah” 

Kamu perlu membaca kedua artikel ku tersebut supaya fasih memerintah dan menolak perintah secara elegan..Sumber referensi Kedua artikel tersebut dari buku “mantra” karangan Deddy Corbuzier..

Sahabatmu ,,

Satyo

 

 

 

About satyotito

saya pernah kuliah di Universitas Diponegoro jurusan Teknik kimia angkatan 2004 ..... dengan adanya blog ini,saya ingin berbagi pandangan dan pengetahuan dari diri saya....siapa tau bermanfaat untuk teman-teman yang membaca
This entry was posted in Terapi psikologi and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s