The Long and Winding Road

The long and winding road

Song’s The Long and Winding Road

Hanya sekedar ingin menuliskan salah 1 lirik dan menjelaskan mengapa saya menyukai lagu ini,, lagu favoritku yaitu ‘The Long & Winding Road‘,,mari kita lihat liriknya dulu :

The Long and winding road

that leads to your door,,

Will never disappear

I’ve seen a road before

it always leads me here

lead me to you door…..

 

The Wild & Windy night

that the rain  washed away,,,

Has left a pool of tears

Crying for the day

why leave me standing here

let me know the way…..

 

Many times I’ve been alone

Many times I’ve cried

any way you’ll never know

many ways I’ve tried….

 

But,still they lead me back

to the long and winding road,

You left me standing here

long-long time ago

Don’t leave me waiting here

lead me to your door……

 

Kalau liriknya diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia:

Jalan yang panjang dan berangin

menuju pintu kamu…..

tidak pernah hilang,,

Saya sudah melihat sebuah jalan sebelumnya

tetapi selalu menuju disini

untuk menuju pintu kamu……….

 

Malam yang liar dan berangin

yang sedang berhujan,

yang menghasilkan sebuah kolam kesedihan

menangis seharian

mengapa kamu meninggalkan saya berdiri disini

segera beri tahu jalannya……..

 

beberapa kali saya sendiri

beberapa kali saya menangis

kamu tak kan pernah tahu,

berapa jalan sudah saya coba…………

 

Tetapi,masih saja mereka mengembalikan ke belakang

ke jalan yang panjang dan berangin

kamu meninggalkan saya berdiri disini

di waktu-yang lampau

Jangan tinggalkan saya menunggu disini

menuju pintu kamu…………

 

Mengenai detail lagu ‘The Long & Winding Road’ ,,yah lagu ini diciptakan Paul Mcartney ,,lagu ini juga termasuk lagu The Beatles dimana lagu ini termasuk salah satu lagu di Album “Let it be”,,.Lagu ini dinyanyikan langsung Paul Mcartney sambil memainkan piano,disertai iringan gitar Jhon Lennon dan George Harisson,,beserta dentuman drum Ringo Star,,walaupun tak bisa dipungkiri betapa dominannya suara piano yang dimainkan Paul Mcartney…

Kenapa saya sangat suka dengan lagu ini,karena lagu ini multi-tafsir,,makna/tafsir lirik lagu ini bisa diartikan macam-macam sesuai kondisi masalah orang yang mendengar/menyanyikan/memainkan lagu tersebut..,bila anda memperhatikan liriknya ,lagu tersebut seperti orang yang hampir putus asa menuju  spintu,, dimana sering menemukan jalan yang panjang,berangin,disertai hujan untuk menuju pintu tersebut secara sendirian sambil menangis,dan berbagai cara sudah dilakukan tetapi tetap saja beum berhasil…pintu itu bisa saja diartikan macam-macam….seperti lirik diatas ‘it always leads me here’,lead me to your door..Bisa saja pintu itu diartikan sebuah cita-cita atau keinginan,yang dimana cita-cita/keinginan tersebut belum tercapai…atau juga lagu  ‘The Long Windinng Road ‘ tersebut adalah sebuah ungkapan untuk membujuk seseorang yang keras hatinya untuk bisa membuka hati bagi dirinya,,Atau juga lagu tersebut ungkapan untuk membujuk orang yang pernah dicintainya itu agar kembali ke pelukannya…Entah apa maksud Paul McArtney menciptakan lagu’The Long and Winding Road ‘,,,Ada yang bilang lagu tersebut untuk menyatukan,dan memperbaiki hubungan mulai retak antar personal the beatles,dan Paul Mcartney berharap seperti dulu lagi,yang memang saat itu The Beatles menjelang bubar,,,,lalu ada yang bilang lagu tersebut menceritakan keinginan Paul McArtney yang rindu bertemu dengan almarhum ibunya ,,ibunya meninggal saat umur  13 tahun…..apapun maknanya memang terserah orang untuk memaknai lagunya sesuai kondisi orang tersebut……Dan sebenarnya lagu ini memang lagu putus asa,,jadi pintar-pintarlah menyikapi saat mendengar lagu tersebut agar anda tidak terjebak ke dalam kegalauan yang mendalam….

Lagu ‘The Long Winding Road ‘ ini jenis lagu ballad slow,untuk diketahui saja kalau versi aslinya saat dimainkan The Beatles memang nadanya kurang melankolis,,tetapi bila dinyanyikan /dicover oleh beberapa penyanyi lain maka lagu ini bisa lebih bernuansa melankolis,sedih,dan minor dibandingkan saat dinyayikan Paul Mcartney saat masih di The Beatles,malah cenderung beri semangat,,,Padahal dilihat dari lirik lagu tersebut ,liriknya itu putus asa dan sedih…Beberapa penyanyi/band  yang pernah menyanyikan ulang lagu ‘The Long Winding Road ‘ antara lain George Michael, Will Young,Gareth Gates, The Corss,George Benson,Olivia Newton John,David Archuleta,dll ,,yah penyanyi-penyanyi tersebut menyanyikan/mengcover lagu tersebut saat di konser amal maupun saat kontes nyanyi yang saya ketahui di american idol sepertinya lagu ‘The long & winding road’ sering dinyanyikan oleh  salah 1 peserta american idol di setiap musim /season ,,mungkin saja lagu ‘The Long Winding Road ‘  sudah dikontrak secara eksklusif oleh ameican idol,Jadinya pasti ada salah 1 peserta yang wajib menyanyikan lagu tersebut untuk ajang kontes..Anda bisa search/cari di you tube dengan menulis ‘The long & winding road American Idol’ di kolom pencarian/search ,,pastinya ada lebih dari 1 peserta american idol yang menyanyikan dengan gaya yang berbeda….

dibawah ini link-link video youtube ‘The Long & Winding Road’  :

The Long and Winding Road Original version from The Beatles

The Long and Winding Road was covered by George Michael

The Long and Winding Road was covered by Malaya Watson (American Idol)

The Long and Winding Road was covered by Olivia Newton John

Rasanya sudah cukup saya memberi beberapa link  di you tube ,tentang lagu The Long and Winding Road’ di you tube…..Jadi rasanya cukup bagi anda untuk mengetahui lagu The Long and Winding Road’

Bagi saya sebagai fans The Beatles,dan terutama Paul Mcartney sebagai maestro musik maka lagu ‘The Long and Winding Road’ jadi semakin saya sukai..Saya mendengar lagu ‘The Long and winding Road’ saat sedang putus asa hehehehe,,dengan menyanyi lagu ini maka emosi-emosi luapan negatif saya keluar,,setelah itu saya bisa bangkit lagi…putus asa saya bisa bermacam-macam.saat misalnya saya gagal lagi menjalin hubungan asmara dengan wanita ke tingkat yang lebih serius,,dll….Ataupun mengenai betapa saya butuh proses yang panjang untuk bisa bertemu dan manunggal dengan Gusti Allah,dimana jika belum bisa bertemu atau gagal di kehidupan ini,,maka pastinya akan di reinkarnasi kembali di kehidupan besok yang mungkin keadaannya bisa lebih buruk/lebih baik tergantung sesuai dengan kehidupan kita saat ini,apakah jiwa suci terkotori / dikendalikan oleh harta,tahta,pasangan,keturunan,dan tabungan..Sebenarnya saat saya sedang sedih dan putus asa itulah maka kesucian jiwa saya sedang terguncang dan semakin jauhlah saya bisa mengenal dan bisa menyatu dengaan Gusti Allah,tujuan impian besar saya untuk bisa bertanggung jawab dihadapan Allah pun bisa gagal,,saat sedang mengalami keterpurukan saya, maka saya pun tak ingin berlarut-larut dalam kesedihan dan segera membuang emosi-emosi negatif dengan mendengar dan menyanyikan lagu ‘The Long & Winding Road’,,lalu saya bangkit dengan perbanyak zakat, meditasi dan zikir,disertai menyibukkan diri dengan kegiatan-kegiatan positif seperti membersihkan motor,pakaian,rumah.kos,berkumpul dengan sahabat-sahabat saya..Mungkin banyak lagu galau yang lain yang ada,,tetapi lagu ‘The Long & Winding Road’ cukup bisa dimaknai secara luas berbagai macam masalah-masalah yang membuat kita galau,lagu ini luas maknanya dan puitis tetapi tidak lebay dan tidak vulgar…Disamping juga saya sebagai penggemar The Beatles dan Paul Mcartney maka semakin saya menyukai lagu’ The Long & Winding Road’…Andaikan saya bisa bertemu dan bernyanyi bersama dengan Paul Mcartney,maka lagu The Long & Winding Road’ yang akan saya pilih untuk dinyanyikan duet bersama dia hehehehe………Saya akui jujur saat menulis tulisan ini saya juga masih belajar untuk menjadi manusia yang bisa tetap stabil saat sedang mengalami ‘masalah-masalah’ dan inilah salah satu cara saya untuk bisa menghadapi ‘masalah-masalah’ tersebut dengan menyanyikan lagu ‘The Long & Winding Road” untuk membuang emosi-emosi negatif saya…….Dan untuk saran saja,bagi yang tidak bisa menyikapi lagu-lagu galau dan malah bertambah terpuruk,saya sarankan untu tidak mendengar lagu galau….

Sekian tulisan saya yang bersifat subjektif ini tentang lagu favorit saya ‘The Long & Winding Road’,,lalu apakah anda jadi menyukai lagu ‘The Long & Winding Road’ ???..lalu apakah lagu favoritmu ????

Sahabatmu,,,

Satyo

 

About satyotito

saya pernah kuliah di Universitas Diponegoro jurusan Teknik kimia angkatan 2004 ..... dengan adanya blog ini,saya ingin berbagi pandangan dan pengetahuan dari diri saya....siapa tau bermanfaat untuk teman-teman yang membaca
This entry was posted in Pribadi and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

