Mengenal Aspal Alam di Pulau Buton

Asbuton merupakan aspal alam yang terdapat di Pulau Buton  dan sekitarnya di Provinsi Sulawesi Tenggara dengan deposit sangat besar yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan jalan karena disamping mengandung bitumen, mineralnya pun memiliki kandungan kapur (CaCO3) yang cukup tinggi yaitu sekitar 70% – 80%. Asbuton mengandung suatu bahan pengikat (binder) yang berupa bitumen kualitas tinggi yang dapat digunakan sebagai bahan pengikat campuran bahan jalan atau bahan kontruksi jalan.

Jumlah deposit aspal di pulau buton diperkirakan sebesar 650 juta ton, adalah terbesar di dunia, dengan kadar aspal bervariasi antara 10% sampai dengan 40%. Aspal ini berada di dalam tanah dengan variasi kedalaman mulai 1,5 m di bawah permukan tanah. Lokasi di pulau buton yaitu Waisiu, Kabungka, Winto, Wariti, Lawele dan Epe dan tersebar sekitar 70.000 ha dari Teluk Sampolawa disebelah Selatan sampai ke Teluk Lawele di sebelah Utara.  Kandungan bitumen di daerah Lawele antara 25 -35 %  dan banyak mengandung silika, sedangkan di Kabungka 12 -20 % banyak mengandung karbonat.

Buton Natural Asphalt

lokasi tambang

 

Buton Natural Asphalt

Aspal Alam di Pulau Buton

Mengingat kebutuhan akan pemeliharaan dan peningkatan jalan aspal di Indonesia sangat tinggi dimana kebutuhan material aspal mencapai 1.300.000 ton pertahun, sementara aspal minyak hasil produksi Pertamina dewasa ini hanya mencapai 600.000 ton pertahun. Masih  terdapat defisit (kekurangan pasokan) aspal sejumlah 700.000 ton / tahun. Sehingga dengan potensi sumber daya yang ada dan tingkat kebutuhan yang tinggi, maka aspal buton sangat strategis untuk dikembangkan.

aspal buton tidak bisa langsung digunakan/diaplikasikan ke jalan ,tetapi tetap harus dicampurkan dengan aspal minyak bumi.Dengan perbandingan campuran aspal minyak : buton = 60 : 40,untuk selanjutnya akan saya bahas lagi lebih dalam di tulisan lain tentang aspal buton.

 

Sahabatmu,

 

Satyo

About satyotito

saya pernah kuliah di Universitas Diponegoro jurusan Teknik kimia angkatan 2004 ..... dengan adanya blog ini,saya ingin berbagi pandangan dan pengetahuan dari diri saya....siapa tau bermanfaat untuk teman-teman yang membaca
This entry was posted in Buton Natural Asphalt and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s